Categories
Kabar

Meminta Masukan Publik Terhadap Bakal Calon Fungsionaris Eksekutif Nasional dan Dewan Nasional WALHI

Tepat pada pukul 23.59 Wib tanggal 20 Desember 2019, pembukaan pendaftaran bakal calon Fungsionaris Eksekutif Nasional dan Dewan Nasional WALHI, telah ditutup oleh Panitia Pengarah PNLH XII WALHI. Panitia pengarah telah menerima pendaftaran Bakal Calon sebanyak 11 Orang yang terdiri 4 Orang Pendaftar untuk Bakal Calon Fungsionaris Eksekutif Nasional dan 7 Orang Pendaftar untuk Bakal Calon Dewan Nasional.

Adapun 4 Pendaftar Bakal Calon Fungsionaris Eksekutif Nasional WALHI tersebut berasal dari berbakai komponen WALHI, mulai dari Staf Eksekutif Nasional, Anggota Dewan Nasional, Direktur Eksekutif Daerah hingga Mantan Direktur Eksekutif Daerah yang sudah Demisioner. Sedangkan, untuk Bakal Calon Dewan Nasional yang mendaftar sebanyak 7 orang berasal dari lembaga anggota WALHI dan mantan Direktur Eksekutif Daerah dari berbagai Provinsi seperti Aceh, Riau, Sumatera utara, Jakarta, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Maluku utara.

Setelah menerima pendaftaran Bakal Calon tersebut, sejak tanggal 21–29 Desember 2019 panitia pengarah telah melakukan Pemeriksaan kelengkapan seluruh berkas bakal calon baik Direktur Eksekutif Nasional maupun Dewan Nasional WALHI Periode 2020–2024, tepat pada 30 Desember 2019 lalu melalui SK Nomor 08/PP/PNLH-XIII/XII/2019 telah diumumkan nama-nama bakal calon yang lolos tahapan Administrasi.

Bakal Calon Direktur Eksekutif Nasional WALHI Periode 2020 – 2024

  1. Anton P Widjaya
  2. Dana Prima Tarigan
  3. Mualimin Pardi Dahlan
  4. Zenzi Suhadi

Bakal Calon Dewan Nasional WALHI Periode 2020 – 2024

  1. Aswar Exwar
  2. Dwi Sudarsono
  3. Ismet Soelaiman
  4. Raynaldo G. Sembiring
  5. Susanto Kurniawan
  6. Dwi Retnastuti, ST

Sesuai dengan Lampiran SK Nomor: 03/PP/PNLH-XIII/IX/2019 tentang tahapan Pemilihan Direktur Eksekutif Nasional dan Dewan Nasional WALHI Bakal calon yang di nyatakan lolos harus mengikuti tahapan selanjutnya yaitu Uji Publik yang di mulai sejak 02 – 10 Januari 2020. Uji Publik dilakukan untuk mendapatkan masukan dari publik secara luas baik itu dari Individu, Organisasi anggota WALHI, Masyarakat dampingan maupun dari Organisasi jaringan Walhi yang tersebar di seluruh Indonesia, terkait rekam jejak Bakal calon Direktur Eksekutif Nasional maupun Dewan Nasional 2020 -2024 dalam aktifitasnya melakukan advokasi Lingkungan Hidup dan Pendampingan Masyarakat Korban Konflik Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam selama ini.

Masukan dari publik tersebut terkait apakah Bakal Calon Direktur Eksekutif Nasional maupun Dewan Nasional sedang atau pernah terlibat dan bekerja dalam Perusakan Lingkungan Hidup, Pelanggaran HAM, Korupsi, Kekerasan terhadap perempuan dan atau bagi Komponen anggota WALHI dapat memberikan masukan terkait kegiatan bakal calon yang bertentangan dengan Nilai-Nilai WALHI dan Statuta WALHI.

Teknis penyampaian masukan Informasi publik tersebut diharapkan dapat disampaikan dengan di sertai bukti – bukti yang dapat diverifikasi. Masukan tersebut dikirimkan kepada Panitia Pengarah melalui alamat email [email protected]/[email protected] atau dapat melalui surat ke sekretariat SC Panitia PNLH 13 WALHI yang beralamat di Jalan Tegal Parang Utara No 14 Jakarta 12790. (Terkait Identitas pelapor jika diminta oleh pelapor untuk dirahasiakan maka Panitia Pengarah akan menjamin kerahasiaan identitas pelapor)