Categories
Profil Kandidat EN

Dana Prima Tarigan

Gerakan Lingkungan Hidup Yang Nyata untuk Menghadapi Darurat Bumi

Dana Prima Tarigan

Dana Prima Tarigan lahir di Medan, Sumatera Utara pada tanggal 19 Oktober 1982. Anak ketiga dari 6 bersaudara. Saat ini berdomisili Sumatera Utara.

Dana Prima Tarigan adalah lulusan dari FISIP Universitas HKBP Nommensen (UHN) Medan. Sejak kuliah sudah aktif di dunia aktivisme dan gerakan lingkungan hidup di Sumatera Utara, di antaranya melalui Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di tahun 2002, serta Mahasiswa Pencinta Alam (MAHATALA) Nommensen Medan pada tahun yang sama. Awal menjadi Kader WALHI dimulai saat mengikuti Green Student Movement (GSM) WALHI Sumatera Utara pada tahun 2005, dan kemudian aktif menjadi sahabat WALHI. Pada tahun 2015 juga menjadi pengurus Sarekat Hijau Indonesia (SHI) Sumatera Utara.

Pada tahun 2006-2007, Dana diangkat menjadi staf advokasi WALHI Sumatera Utara. Setahun kemudian sempat bekerja di Jaringan Advokasi Untuk Nelayan Sumatera Utara (JALA Sumut) sebagai koordinator Advokasi dalam kurun waktu 2008-2012. Pada tahun 2012-2016 kembali bekerja di WALHI Sumatera Utara menjadi Manager Advokasi dan Kampanye. Tahun 2016, Dana terpilih menjadi Direktur Eksekutif Walhi Sumatera Utara untuk periode 2016-2020.

Dalam kurun 15 tahun terakhir bergelut dengan isu lingkungan hidup dan sosial, telah menangani berbagai kasus-kasus lingkungan di Sumatera Utara. Di antaranya adalah kasus penambangan pasir laut di Deli serdang, Reclaiming perkebunan sawit di lubuk kertang, pesisir Kabupaten Langkat, kasus sungai Deli di Medan, Kasus Tambang Emas Sorik Mas Mining di Mandailing Natal, Pencemaran oleh perusahaan Kawasan Industri Medan (KIM) di Deli serdang, PLTU Batubara Pangkalan Susu serta kasus PLTA Batang Toru.